2014/10/15

MENUJU MASYARAKAT EKONOMI ASEAN 2015
Unknown07.48 0 komentar

Penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 sudah diambang pintu. Kesiapan masyarakat Indonesia dalam menghadapi AEC 2015 masih sangat kurang. Jika masih seperti ini maka bisa sangat mungkin Indonesia akan menjadi tamu di rumah sendiri. Mengingat negara-negara tetangga sesama ASEAN seperti Thailand dan Singapura yang sudah siap dalam menyambut MEA 2015.



Pembentukan MEA dilandaskan pada 4 pilar. Pertama, Single market and production base yaitu menjadikan ASEAN sebagai pasar tunggal dan pusat produksi. Kedua, High competitiveness yaitu menjadi kawasan ekonomi yang kompetitif. Ketiga, Equitable growth yaitu menciptakan pertumbuhan ekonomi yang seimbang, dan pilar keempat Economic integration to the global economy atau integrasi ke ekonomi global. (referensi http://www.the-marketeers.com/archives/4-pilar-asean-economic-community-2015.html)


Dari total populasi ASEAN sebanyak 600 juta, penduduk Indonesia mencapai 250 juta. Itu artinya lebih dari 41 % penduduk ASEAN dihuni oleh rakyat Indonesia. Hal ini merupakan potensi pasar yang besar. Namun, apabila kita tidak siap, dengan kondisi pasar terbuka nanti, Indonesia bukannya meraih untung, tetapi malah bisa buntung. Hal ini bukan tidak tidak mungkin, meengingat pengalaman sebelumnya ketika diberlakukannya perjanjian perdagangan bebas antara ASEAN dengan China atau ACFTA. Bukannya mampu menggenjot ekspor, saat itu Indonesia justru kebanjiran produk-produk impor dari China.

Oleh karena itu, perlunya kinerja pemerintah mengenai kesiapan dan sosialisasi MEA ini. Masyarakat juga harus ikut berperan aktif dalam melakukan sosialisasi, baik kalangan pegawai pemerintah hingga akademisi. Mengingat MEA sudah mulai diberlakukan pada 1 Januari 2015 nanti. Selain itu perlu dibangun mindset bahwa ASEAN adalah pasar Indonesia dan kita adalah pemain, bukan pecundang.



oleh : Bayu Alfianur ( Blogger Asean Community )
In Category :
About The Author Ali Bajwa Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore. Magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Facebook and Twitter

0 komentar

Posting Komentar

nama , tujuan